Siapa bilang baca komik itu engga baik? Inilah manfaat membaca komik

 


Siapa bilang baca komik itu engga baik? Ternyata ada lho manfaat membaca komik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak juga sebagai media komunikasi yang lebih cepat dipahami karena visualisasinya yang unik dan menarik. 

Berdasarkan informasi dari Orami.co.id, penyampaian yang dilakukan lewat visual lebih mudah dicerna juga dapat meningkatkan komunikasi dan kemampuan kognitif. 

Menurut Professor Carol Tilley dari University of Illinois, kritik dan pandangan buruk tentang komik sebenarnya berawal dari anggapan bahwa anak hanya senang melihat gambar di dalam komik dan tidak membaca isinya.

ARTIKEL TERKAIT: 3 Fakta Menarik yang Bikin Merinding tentang Komik Volter Stein! FUSI NUKLIR

Inillah manfaat membaca komik secara umum yang tanpa kita sadari.

1. Mengenalkan pada perbendaharaan kata

Manfaat membaca komik pertama yaitu meningkatkan kosa kata yang terdapat di dalam cerita komik itu sendiri. 

Tentu novel yang pertama kali terlintas ketika mendengar kosa-kata unik dalam bahasa Indonesia, namun tak disangka komik juga memiliki banyak kosa-kata unik baik percakapan secara formal maupun bahasa gaul yang digunakan oleh komikus untuk dialog antar karakter di dalam komik. 

Jika kita melihat komik secara objektif, maka di dalam komik bukan hanya sekadar visualisasi yang memukau namun penggunaan kata-kata dialog maupun narasi memiliki manfaat terhadap perbendaharaan kata, khususnya dalam bahasa Indonesia.


2. Meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi

Tentu visualisasi menjadi hal utama di dalam komik, tanpanya karya ini tidak dapat disebut sebagai komik tapi novel. 

Dalam novel pun, kita seringkali disuguhkan beberapa ilustrasi di dalamnya dengan tujuan memberikan kesan menarik bagi pembaca. 

Dengan tuntutan zaman terhadap kreativitas dan imajinasi, komik menjadi salah satu media untuk meningkatkan kemampuan kita. 

Kemampuan tersebut diasah dengan memperbanyak bahan bacaan yang memiliki visualisasi yang menarik sehingga kita dapat belajar mengolah kreativitas, khususnya pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan.


3. Memacu minat baca dan literasi

Umumnya kita lebih menyukai bahan bacaan yang mengandung ilustrasi dan visualisasi yang menarik, seperti komik. 

Dengan membiasakan kita membaca komik, secara perlahan kita akan termotivasi untuk berliterasi khususnya literasi digital yang sangat ditekankan akibat maraknya hoaks di internet. 

Apalagi di zaman sekarang dimana minat literasi semakin minim, kita sering disuguhkan konten berbasis video sehingga membuat malas untuk membaca. 


ARTIKEL TERKAIT: Krisis Iklim dan 'Perang' Jadi Awal Masalah di Komik Volter Stein

4. Mengisi waktu kosong sebagai hiburan

Manfaat yang terakhir yaitu hakikat sebuah komik itu diciptakan sebagai konten hiburan. Pada beberapa komik juga dapat mengandung fungsi tambahan yaitu edukasi dan penyampaian informasi yang menarik. 

Membaca buku komik cetak dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap gadget yang mempunyai efek kurang baik terhadap kesehatan jika digunakan terus menerus, seperti kesehatan mata. 

Itulah 4 manfaat umum membaca komik bagi generasi teknologi dimana kita sudah terbiasa dengan gadget dan kebiasaan malas berliterasi. 

Komik bisa menjadi salah satu pemacu awal untuk meningkatkan budaya literasi sehingga kita tidak mudah terjerumus terhadap informasi tidak benar dan lebih teliti melihat informasi. 

Tentu manfaat utama sebuah komik ialah sebagai media hiburan, terlepas dari fungsi tambahannya yaitu edukasi dan informasi. 


Buat kamu yang mau baca komik, mimin punya saran komik lokal buatan anak bangsa yang memiliki style Manga Jepang. Yuk, buruan dapatkan buku komik Volter Stein tersedia di Tokopedia "ANINDOSTA OFFICIAL STORE".  


ARTIKEL TERKAIT: 3 Fakta Menarik yang Bikin Merinding tentang Komik Volter Stein! FUSI NUKLIR