Cara Mudah Membuat Komik Digital untuk Pemula!

Membuat Komik Digital
Ilustrasi by Ellavita Maria Tambunan

Mungkin bagi kamu seorang penggemar komik (Otaku), pasti pernah terbesit untuk mencoba membuat komik digital sendiri kan? 

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, sekarang sudah mudah untuk mengakses tools digital hingga kamu juga bisa menciptakan komik yang menarik dirumah ketika di waktu senggang. 

Dengan membuat komik digital, kita juga bisa mendapatkan peluang untuk diterbitkan di platform komik digital online seperti LINE Webtoon yang bisa dibaca oleh para pembaca lokal maupun internasional. 

Bagi beberapa orang, dalam membuat komik digital memang cukup menakutkan apalagi bagi orang yang tak memiliki ilmu basic desain grafis atau ilustrator.

Kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah yang tepat supaya kamu bisa mulai dalam membuat komik digital dengan penuh percaya diri. 

Mungkin bagi kamu yang masih pemula dan masih mencoba-coba atau seorang kreator pemula yang ingin meningkatkan skill ilustrasi, kamu juga bisa membaca panduan pada artikel ini untuk memahami proses pembuatan komik digital. 

Disini kita akan membahas tentang cara mudah membuat dan menciptakan komik digital yang menarik untuk dibaca, mulai dari membuat ide cerita hingga mempublikasikannya. Langsung saja simak di artikel ini, ya! 

Komik Digital

Komik digital juga hampir serupa dengan komik biasa yaitu sebagai salah satu media yang berfungsi untuk menyampaikan cerita melalui ilustrasi gambar untuk mendeskripsikan cerita. 

Melansir dari Wikipedia, Komik digital atau dikenal dengan komik elektronik atau eComics adalah komik yang dirilis secara digital yang berbentuk komik mobile dan komik web.

Untuk platform komik digital ini kini sudah banyak di internet yang bisa diakses secara gratis, seperti misalnya LINE Webtoon, Tapas, MangaToon, MangaPlus dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Komik Digital

Komik digital menjadi salah satu bentuk hiburan yang cukup digemari oleh anak muda zaman sekarang. Dari kecanggihan teknologi saat ini, kini siapapun bisa membuat komik sendiri dengan sangat mudah menggunakan tools-tools membuat komik seperti Clip Studio dan Canva. 

Nah, setelah mengetahui definisi singkat dari komik digital yang sudah dijelaskan diatas, kamu bisa mencoba untuk memulai membuat komik dengan mengikuti cara-cara membuat komik digital bagi pemula. 

Menentukan Ide Cerita

Sebagai langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat komik digital adalah menentukan ide cerita. 

Ide cerita merupakan dasar dari komik yang akan kamu buat, kamu harus memikirkan cerita menarik seperti menggunakan genre Fantasy, Romantis, Petualangan, Slice of Life dan masih banyak lagi. 

Salah satu hal yang penting adalah jangan lupa untuk menggunakan cerita orisinal atau asli, unik dan menarik supaya ceritamu diingat terus oleh para pembaca.

Membuat Karakter

Langkah kedua setelah menentukan ide cerita, selanjutnya kamu harus membuat karakter yang digunakan untuk cerita kamu. Kamu harus membuat karakter yang kuat dan menarik supaya cerita komikmu agar lebih hidup. 

Buatlah sketsa karakter yang lengkap dan detail seperti nama, latar belakang, sifat hingga penampilannya. Buatlah karakter tersebut dengan memberikan ciri khasnya pada setiap masing-masing karakter supaya lebih dikenal oleh para pembaca. 

Menyusun Alur Cerita

Setiap komik pastinya harus memiliki alur cerita yang jelas. Tentukan mulai dari awal cerita, tengah dan akhir dari cerita serta pikirkan juga untuk membuat prolog dan epilog-nya sebagai cerita tambahan. 

Buatlah juga outline atau rangkaian peristiwa dan masalah yang akan terjadi didalam komik kamu sehingga hal ini bisa membantu untuk memastikan cerita bisa berjalan dengan baik dari awal hingga akhir cerita.

Membuat Naskah

Membuat naskah atau script merupakan dialog dan narasi yang hadir didalam sebuah komik. Kamu bisa menuliskan naskah secara detail, termasuk dialog antar karakter, monolog serta adegannya. 

Penting juga untuk menulis naskah yang mudah dipahami oleh para pembaca dan sesuai dengan karakter dan alur cerita yang telah dirancang sebelumnya.

Menggambar Panel dan Latar Belakang

Seperti yang kita tahu bahwa panel adalah kotak-kotak yang berisi gambar dan teks yang terdapat pada komik. 

Kamu bisa menentukan berapa banyak panel yang dibutuhkan untuk setiap halaman komik. Kamu juga bisa sambil gambar latar belakang dan elemen-elemen visual lainnya pada setiap panel. 

Menambahkan Warna

Untuk membuat komik kamu semakin lebih hidup, kamu juga bisa memberikan warna pada karakter dan elemen pada komikmu.

Selain itu juga, pilih palet warna yang tak terlalu mencolok dan sesuai dengan tema cerita kamu, kamu juga bisa mengombinasikan warna supaya komikmu semakin menarik! 

Menyusun Layout Halaman

Selanjutnya adalah menyusun layout halaman, dimana layout halaman adalah teknik untuk mengatur panel-panel pada sebuah halaman komik. 

Pastinya juga, layout halaman tersebut nyaman untuk dibaca dan tak membingungkan. Kamu juga bisa menggunakan variasi ukuran dan bentuk panel untuk menciptakan visual yang lebih menarik untuk komikmu.

Menambahkan Teks

Sebagai langkah selanjutnya adalah menambahkan teks pada komik, kamu bisa menggunakan font yang mudah dibaca dan sesuai dengan style komik-mu. 

Kamu juga bisa menambahkan teks pada bubble atau kotak narasi di dalam panel komikmu. Jangan lupa juga untuk me-recheck ulang ejaan atau penulisan kata atau kalimat dialognya. 

Mengedit dan Merevisi

Sebelum kamu mempublikasikan komik, pastikan juga untuk mengedit dan merevisi seluruh draft komikmu. 

Kamu harus periksa semua gambar, teks dan alur cerita untuk memastikan semuanya sesuai dan tak ada kesalahan dari rangkaian draft yang telah kamu buat. 

Mempublikasikan Komik

Sebagai langkah terakhir dan sudah selesai di cek, kamu sudah langsung mempublikasikan komik digitalmu. 

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk mempublikasikan komik seperti misalnya LINE Webtoon, Tapas, MangaToon, MangaPlus atau bahkan ke Sosial Media. 

Jangan lupa promosikan komik digitalmu supaya banyak orang yang membaca dan menikmati cerita komik digitalmu! 

Sebagai tambahan langkah-langkah diatas, adapun beberapa tips tambahan yang bisa kamu ikuti yaitu sebagai berikut: 
  • Ikuti Tren: Kamu juga bisa selalu perhatikan tren-tren yang sedang terjadi saat ini supaya komik digitalmu tetap relevan dan menarik bagi para pembaca. 
  • Kolaborasi: Kamu juga bisa sambil berkolaboras untuk bekerja sama dengan penulis atau ilustrator lainnya supaya komik digitalmu semakin menarik dan lebih baik. 
  • Upgrade Skill: Harus sering upgrade skill ilustrasi atau menggambarmu, dengan ini kualitas komikmu akan semakin terjaga karena sering dilatih. 
Nah, itulah cara untuk membuat komik digital yang menarik dan bisa dinikmati oleh para pembaca. Apakah kamu tertarik untuk membuat komik digital?


Buat kamu yang pengen baca komik, tenang aja mimin punya rekomendasi Komik Lokal karya Anak Bangsa yang bergaya Manga Jepang. Langsung aja beli Buku Komik - Volter Stein yang tersedia di Tokopedia "ANINDOSTA OFFICIAL STORE".