3 Fakta Menarik yang Bikin Merinding tentang Komik Volter Stein! FUSI NUKLIR

 

Cuplikan isi buku komik Volter Stein

Siapa yang belum kenal dengan komik Volter Stein? Buat kamu penikmat komik dengan genre superhero, fiksi ilmiah yuk sini merapat! 

Volter Stein adalah salah satu komik modern dan futuristik murni buatan Indonesia dengan mengadopsi style art "manga" pastinya bikin kamu engga asing lagi. 

Biasanya komik lokal Indonesia hadir dengan model style art realisme namun kali ini komikus menggunakan style art animasi asal Jepang atau kerap kali kita sebut "anime" demi menggaet anak-anak muda.

Nah, buat kamu yang belum pernah baca komik lokal khususnya komik Volter Stein buruan baca sekarang juga ya!

Inilah beberapa fakta menarik di dalam komik Volter Stein! Yuk disimak!


1. MEMBAHAS DAMPAK KRISIS OZON DAN PERUBAHAN IKLIM


Buat kamu anak-anak muda, pastinya sering mendengar tentang istilah "climate change" apalagi sekarang kita udah sama-sama merasakan perlahan-lahan dampak dari perubahan iklim dan krisis ozon, seperti: cuaca panas hingga mencairnya es antartika. 

Pertama-tama kita harus pahami dulu apa penyebab dari semua masalah tersebut. Perubahan iklim merupakan dampak atau akibat dari krisis ozon. 

Apa itu OZON? Ozon adalah lapisan yang melindungi Bumi dari sinar ultraviolet matahari, tanpanya sinar matahari akan langsung masuk ke Bumi dan membakar habis semua yang ada di permukaan. 

Wihh ngerti banget! Nah, selain itu lapisan OZON juga berperan mencegah asteroid atau benda-benda angkasa masuk ke Bumi, beberapa benda angkasa yang berhasil masuk akan terbakar sehingga ukurannya pun menyusut atau mengecil bahkan habis terbakar yang sering kita lihat di langit adanya fenomena "bintang jatuh".

Lalu apa yang menyebabkan krisis Ozon terjadi? Ialah pencemaran udara dari berbagai jenis asap, seperti: asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan asap-asap lainnya. 

Semua asap-asap itu membuat lapisan ozon menjadi rusak, juga mencegah panas yang masuk ke Bumi untuk keluar sehingga terperangkap. 

Akhirnya suhu Bumi pun akan meningkat dan es-es yang berada di kutub utara dan selatan mencair, hingga dapat menenggalamkan beberapa pulau dan kota di Bumi lho hingga puluhan meter, Jakarta salah satunya. 

Nah, di komik Volter Stein sendiri krisis ozon dan perubahan iklim telah mencapai puncaknya, dimana tidak adanya kepedulian dari manusia hingga akhirnya bencana ekstrem terjadi, seperti: banjir dimana-mana, kebakaran hutan dahsyat, hujan es sebesar bola golf. 

Pada saat itu barulah manusia sadar akan tindakannya dan mencari solusi untuk menyelesaikannya, tapi lagi-lagi manusia dengan ego nya yang tinggi tidak bertindak dengan hati-hati dan menyebabkan kerusakan lain, seperti percobaan energi miracle seed pada komik Volter Stein disebuah planet yang ternyata berpenghuni lho! 

Buat kamu yang penasaran, dapatkan segera komiknya di marketplace yaa! Yuk lanjut ke fakta berikutnya.


ARTIKEL TERKAIT: Krisis Iklim dan 'Perang' Jadi Awal Masalah di Komik Volter Stein

2. APHELION ITU ASLINYA BUKAN NAMA PLANET



Nah loh, kamu yang udah baca komik Volter Stein sadar engga kalau Aphelion itu aslinya bukan nama planet tapiii... Eits, sebelum dijelasin siapa disini yang udah tahu mengenai Aphelion? bukan dari ilustrasi diatas ya tapi dari pelajaran IPA pas kamu sekolah.

Nah, Aphelion sejatinya adalah jarak terjauh Bumi dari Matahari. Perlu kamu tahu juga bahwa Bumi melakukan revolusi terhadap Matahari engga sempurna melingkar lho, tetapi melonjong. 

Ada satu waktu Bumi akan lebih dekat dengan Matahari, juga ada satu waktu Bumi bakalan jauh dari Matahari yang bikin perubahan suhu di Bumi. Memang perubahan suhunya engga terlalu kerasa sih hanya 1-2 derajat aja. 

Para ilmuwan menyebut saat Bumi berada di posisi terjauh dari Matahari sebagai Aphelion dan saat Bumi berada di posisi terdekat dari Matahari sebagai Perihelion. 

Di komik Volter Stein, Aphelion adalah planet berjarak 1 tahun cahaya dari Bumi semenjak kehancuran total terjadi, penduduk Bumi khususnya manusia terpaksa pindah planet lho. 

Planet Aphelion di komik Volter Stein memiliki cincin sebagai pengendali rotasi planet tersebut yang ditenagai oleh energi Miracle Seed.



Di cincin itu juga terdapat distrik yang dihuni oleh para bangsawan planet Aphelion, baik dari bangsa X-Human maupun Manusia yang punya harta banyak. 

Ibukota planet ini yaitu distrik Navel, bayangin sebesar apa distrik Navel yang negaranya itu merupakan 1 planet wahh... 

Kalo di Bumi aja kita dipecah dari ratusan negara yang berbeda-beda, tapi di planet Aphelion disana hanya ada satu pemerintahan yang sama. Yuk kita lanjut ke fakta terakhir komik Volter Stein!


3. ENERGI MIRACLE SEED ITU ENERGI FUSI NUKLIR?


Apakah kamu udah tahu kalau sekarang Korea Selatan berhasil mengembangkan Matahari buatan yang panasnya bisa mencapai 100 juta derajat celcius, atau kurang lebih lebih dari 6 kali lipatnya panas Matahari yang hanya mencapai 15 juta derajat celcius. 

Nah, kira-kira dari manakah sumber energinya? Inilah yang dinamakan sebagai energi fusi nuklir. 

Fusi nuklir adalah proses penyatukan dua inti atom ringan yang menghasilkan atom yang lebih berat sehingga sejumlah kecil materi yang terlibat bisa berubah menjadi energi yang sangat besar.

Nah, energi inilah yang dapat membuat Matahari buatan tersebut. Energi yang berasal dari reaksi atom namun dapat menyebabkan radiasi sinar alfa, beta, gamma yang sangat berbahaya bagi manusia. 

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa radiasi ini dapat ditangkal dengan berbagai teknologi canggih yang berkembang sehingga energi ini akan sangat aman, murah, dan tak terbatas. 




Apakah energi Miracle Seed di dalam komik Volter Stein itu merupakan energi fusi nuklir? 

Energi di dalam komik Volter Stein memiliki kekuatan yang bahkan dapat menghidupkan planet yang mati juga menghidupkan jantung buatan yang ditanam pada tubuh Arlo, sang karakter utama komik Volter Stein. 

Komik Volter Stein yang memilik setting waktu 2045 ini, apakah merupakan sebuah cerminan di masa depan akan berkembangnya teknologi yang mampu mengeluarkan energi sebesar itu. 

Juga sebagai bahan bakar yang kuat untuk menjelajahi luar angkasa dengan pesawat dengan kecepatan cahaya, itu merupakan ketidakmustahilan ketika teknologi sudah mencapai level perkembangan yang luar biasa di masa depan.



Buat kamu yang akhirnya jadi penasaran sama komik Volter Stein, yuk buruan dapatkan di marketplace Tokopedia dan Shopee "Anindosta Official Store"! Juga nantikan bahasan menarik lainnya di blog Volter Stein yaa!!


ARTIKEL TERKAIT: Cerita Volter Stein Akan Berlanjut hingga Volume 5 Dalam Waktu Dekat di Wattpad