Dukung Komik Lokal, Wakil Walikota Bogor Mengapresiasi Komik Volter Stein

 

komik lokal Volter Stein didukung oleh wakil walikota Bogor, Dedie Rachim di Gebyar Ekraf Bogor 2022

Komik Lokal Volter Stein menjadi satu-satunya IP yang berhasil mendapat dukungan dari Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim dalam acara pameran Gebyar Ekonomi Kreatif Kota Bogor tahun 2022 di Bogor Creative Center. 


Dukungan ini menandakan bahwa pemerintah mulai berkomitmen untuk membangun industri kreatif komik khususnya di Kota Bogor, mengingat industri komik yang selama ini dikuasai oleh perusahaan penerbitan besar yang umumnya memasarkan komik-komik terjemahan atau translate dari Jepang. 

Komik-komik lokal buatan anak-anak bangsa Indonesia justru tersingkir akibat hal tersebut, Re:ON menjadi salah satu pioneer yang mendukung industri komik lokal yang bergaya artstyle manga Jepang. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa artstyle manga Jepang lebih disukai oleh kalangan anak-anak muda dibanding artyle realisme yang biasanya muncul pada komik-komik lokal zaman dahulu. 

Adaptasi ini diperlukan agar ekosistem industri komik lokal bisa terus populer di Indonesia juga sebagai langkah transformasi untuk menduniakan komik-komik asli buatan Indonesia di kancah internasional. 

Anindosta Studios sebagai studio yang memproduksi komik Volter Stein terus berupaya menaikkan citra dari karya-karya lokal melalui pengembangan industri IP (Intelektual Properti) di bidang Animation, Comic, Games (ACG). 

Walaupun tantangan di industri kreatif besar terutama infrastruktur dan pendanaan, mereka tetap berupaya mengembangkan potensi alami yang dimiliki. 

ARTIKEL TERKAIT: 3 Fakta Menarik yang Bikin Merinding tentang Komik Volter Stein! FUSI NUKLIR

Dalam pengembangan komik lokal, diperlukan strategi pemasaran yang kreatif seperti berkolaborasi dengan para influencer yang khusus mengulas mengenai komik lokal, juga proses pembuatan cerita yang lebih kompleks disertai beberapa puch line yang "menggigit". 

Pada komik Volter Stein, kreator mengangkat isu tentang krisis iklim dan perdamaian yang menjadi topik berkembang saat ini dimana kondisi iklim di Bumi saat ini sangat tidak baik-baik saja. 

Mencairnya es di antartika dan Bumi yang semakin panas akhir-akhir ini menjadi salah satu tanda krisis iklim semakin nyata terjadi. 

Selain itu, isu perdamaian menjadi respon akibat perperangan yang semakin marak terjadi, seperti di Rusia-Ukraina, Palestina-Israel, Korea Utara-Korea Selatan akhir-akhir ini. 

Namun, PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) yang seharusnya menjadi juru damai dan organisasi internasional yang mencegah perang tersebut tidak dapat berbuat apa-apa selain hanya mengumbar pernyataan yang tak berarti. 

Perdamaian menjadi dambaan kehidupan manusia dimana ego setiap manusia berhasil dipatahkan dengan pemahaman yang harus ada dari setiap pemimpin negara. 

Di dalam komik Volter Stein, perdamaian berhasil diwujudkan oleh seorang diplomat yang sangat bijaksana yaitu Dr. Rivaldo yang kemudian akhirnya ditunjuk sebagai pemimpin dunia koloni baru di planet Aphelion. 

Isu-isu populer tersebut juga menjadi sebuah nilai berharga di dalam komik lokal yang mestinya ada sebagai pesan moral selain untuk menghibur pembaca.

Jadi, apakah kamu sudah mulai tertarik untuk membaca dan mendukung komik lokal? Yuk, dukung mereka!

ARTIKEL TERKAIT: Alur Cerita Komik Lokal Indonesia yang Punya Kualitas Mirip Marvel