Jagoan Berkekuatan Listrik "Volter Stein" Jadi Solusi Masalah Dunia Saat Ini, Benarkah?

 

Arlo menyerang monster raksasa dengan kekuatannya

Benarkah komik Volter Stein punya solusi buat masalah di dunia sekarang? Simak penjelasannya!


Volter Stein merupakan serial komik superhero bergenre fiksi ilmiah tentang kehidupan pasca kehancuran Bumi akibat krisis iklim dan perperangan antara bangsa manusia dan bangsa X-Human, memaksa mereka semua untuk pindah ke planet lain yang berjarak 1 tahun cahaya untuk memulai kehidupan baru. 

Masalah tidak berhenti sampai disitu, berdasarkan cerita Volter Stein akan ada masalah baru yakni pemberontakan setelah mereka berhasil membangun peradaban baru di planet Aphelion. 

Namun yang menjadi persoalan ialah bagaimana mereka dapat mengatasi masalah yang pertama terjadi di Bumi, krisis iklim dan perperangan dahsyat? Apakah solusi itu cocok diterapkan di dunia saat ini?

1. Masalah dunia saat ini berkaitan dengan cerita komik Volter Stein

Turunnya Salju di Arab Saudi (CNBC Indonesia)

Masalah awal yakni krisis iklim dan perperangan yang terdapat dalam komik Volter Stein sangat sesuai dengan kejadian saat ini, dimana krisis iklim terjadi di dunia dengan berbagai tanda-tanda, seperti: mencairnya es antartika, turunnya salju di daerah yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah, kenaikan suhu rata-rata dunia hingga musim yang berganti tanpa dapat diprediksi sebelumnya. 

Fenomena ini sama halnya yang terjadi di komik Volter Stein namun kondisinya lebih parah terjadi, hingga mereka harus mengambil tindakan yang benar-benar serius. 

Krisis iklim yang bukan hanya mengganggu kehidupan manusia tetapi mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang masif. 


Perperangan di Gaza, Palestina dengan Israel (detik.com)


Selain itu, masalah perperangan yang terjadi saat ini, seperti: perang Rusia-Ukraina, negara-negara timur, maupun asia akibat konflik kepentingan tertentu. 

ARTIKEL TERKAIT: 3 Fakta Menarik yang Bikin Merinding tentang Komik Volter Stein! FUSI NUKLIR

Sayangnya dunia yang menyaksikan akan hal ini cenderung bertindak sesuka hati dan berstandar ganda terhadap perang yang terjadi, saat disatu peristiwa menentang namun diperistiwa lainnya malah mendukung. 

Sama halnya yang terjadi di komik Volter Stein, dimana perang terjadi akibat keegoisan manusia yang tidak bertanggung jawab dan tidak adanya moralitas untuk mengakui kesalahan yang diperbuat. 

Perperangan pecah akibat hal tersebut dan berlangsung dengan memakan korban jiwa yang sangat besar hingga mengancam kestabilan Bumi yang baru saja pulih akibat krisis iklim.


2. Solusi dari komik Volter Stein yang mungkin dapat diterapkan di dunia saat ini

Rapat Persatuan Bangsa-Bangsa (detik.com)


Berdasarkan dari komik Volter Stein, solusi atas permasalahan tersebut dapat disimpulkan yaitu meniadakan konflik kepentingan dan serius menangani masalah krisis iklim, bersatunya para pemikir atau ilmuwan dunia untuk mengatasi krisis iklim, menegakkan keadilan dan mengurangi ego serta menjunjung tinggi moralitas untuk meniadakan perang antar bangsa maupun golongan. 

Solusi yang terlihat mudah namun sulit untuk direalisasikan mengingat banyaknya kepentingan dalam dua masalah besar ini, baik untuk individu, golongan maupun negara-negara tertentu. 

Ilmu pengetahuan menjadi hal yang paling penting dalam mengatasi krisis iklim, karena hanya dengan itulah akan ada penemuan-penemuan baru yang mampu mengendalikan krisis iklim. 

ARTIKEL TERKAIT: Krisis Iklim dan 'Perang' Jadi Awal Masalah di Komik Volter Stein

Pemanfaatan energi terbarukan dapat mengatasi krisis iklim bertambah parah, dengan persatuan dari seluruh bangsa di dunia untuk bergotong-royong memasok persediaan teknologi sehingga mampu mewujudkan berbagai jenis energi ramah lingkungan.


Tambang Minyak di Laut (liputan6.com)


Namun, sekali lagi hal ini akan berbenturan dengan konflik kepentingan terutama bagi negara-negara atau perusahaan penguasa energi fosil, seperti: minyak Bumi, gas Bumi dan batu-bara terutama dalam hal bisnis pertambangan dan pengolahan. 

Hal itulah yang menghambat untuk segera mengatasi krisis iklim yang terjadi saat ini, berujung pada kepentingan tertentu yang menguntungkan segelintir pihak tanpa memperdulikan kondisi Bumi yang semakin sekarat. 

Masyarakat harus mampu untuk bertindak agar dapat menggerakkan perubahan sebelum kondisi masalah yang terjadi terus bertambah parah dan akhirnya kita semua menjadi korban dari kepentingan penguasa.

 

Itulah pembahasan mengenai solusi yang diterapkan komik Volter Stein terhadap masalah yang terjadi di dunia saat ini, mungkinkah dapat diterapkan?

 

Semuanya tergantung pada bagaimana manusia itu sendiri, apakah mau untuk menanggalkan egonya demi kemaslahatan umat atau tetap mencari keuntungan walaupun mengorbankan hidup orang lain yang tak bersalah?

ARTIKEL TERKAIT: Krisis Iklim dan 'Perang' Jadi Awal Masalah di Komik Volter Stein