Tips Cara Membaca Komik untuk Pemula, Gak Bingung Lagi!

Cara membaca komik
Ilustrasi by Priza D. Fawazzia

Siapa nih bagi kamu yang sering baca komik kalo lagi waktu luang? Namun, tenyata banyak pembaca yang masih bingung bagaimana cara membaca komik dengan benar, lho!  

Memang, komik merupakan salah satu pengalaman yang memadukan seni visual dengan narasi tertulis, dimana menciptakan bentuk hiburan yang sangat unik dan menarik. 

Bagi beberapa orang sebenarnya komik sendiri tak hanya sekedar bacaan ringan, akan tetapi juga sebagai sarana untuk mengeksplorasi beragam cerita dengan cara yang sangat interaktif kepada pembacanya. 

Serupa seperti Novel, komik ini memiliki berbagai genre yaitu mulai dari Superhero, Action, Adventure, Psikologi, Drama, Fantasy, Magic, Komedi, Slice of Life, Horror dan Romantis yang bisa dibaca oleh semua orang. 

Namun bagi kamu yang baru mulai membaca komik, pasti akan sedikit membingungkan karena belum pernah membaca komi sebelumnya. 

Dengan memahami teknik membaca komik, pastinya kamu akan mengikuti ceritanya dengan mudah sehingga kamu akan masuk ke dalam dunia cerita komik tersebut. 

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai tips cara membaca komik dengan benar, mulai dari memahami formatnya dan ke cerita komiknya. Maka dari itu, simak artikel ini hingga selesai ya! 

Memahami Format Komik

Seperti yang kita tahu bahwa komik memiliki format yang berbeda dengan Novel. Berikut ini merupakan elemen penting yang terdapat pada komik yaitu: 

  • Panel: Komik terdiri dari serangkaian kotak atau bingkai yang disebut dengan panel. Pada setiap panel tersebut akan menggambarkan momen tertenu dalam suatu cerita komik. 
  • Bubble: Pada Gelembung percakapan atau Bubble didalam komik, biasanya akan menunjukkan dialog antar karakter. Biasanya Bubble ini akan berbentuk seperti oval atau balon yang terhubung dengan karakter. 
  • Teks Narasi: Di dalam teks sendiri biasanya akan ditempatkan pada Bubble atau kotak terpisah khusus untuk narasi atau latar belakang cerita. 
  • Sound Effect (Efek Suara): Biasanya Sound Effect ini akan berisi kata-kata seperti "Boom!", "Crash!" atau "Swoosh" yang akan menambah suasana dan aksi pada panel komik. 
Keempat diatas merupakan elemen yang tak terpisahkan dari komik, sekarang sudah paham bukan dengan elemen-elemen diatas? 

Membaca Panel

Nah untuk cara membaca panelnya sendiri bisa bermacam-macam tergantung pada budaya komik berasal, seperti misalnya: 

  • Komik Barat/Biasa: Biasanya komik barat/biasa ini dibaca seperti membaca buku biasa yaitu dari kiri ke kanan, lalu dari atas ke bawah. 
  • Komik Jepang (Manga): Sedangkan pada komik Jepang atau manga, biasanya dibaca dari kanan kekiri, lalu dari atas kebawah. 
  • Komik Digital: Untuk komik digital sendiri, sebenarnya beberapa aplikasi bisa memungkinkan pembacanya untuk membaca satu panel dalam satu waktu, hal ini bertujuan untuk menjaga alur cerita agar lebih runtut.

Mengikuti Alur Cerita

Ketika membaca komik, kamu harus membaca alur cerita dari panel pertama ke panel berikutnya supaya lebih runtut. Adapun hal yang perlu dipahami ketika mengikuti alur ceritanya yaitu: 

  • Urutan Panel: Pastinya kamu sudah membaca urutan panel dengan benar dan sesuai dengan arah komik, baik komik barat/biasa ataupun komik Jepang (Manga). 
  • Bubble: Selain itu juga, kamu harus membaca bubble-nya sesuai dengan urutannya dalam panel tersebut. 

Perhatikan Detail Visual

Seni visual dalam komik akan sangat penting sekali karena akan memberikan konteks dan emosi tambahan yang tak bisa disampaikan pada narasi teks. Dengan ini, ketika membaca komik kamu juga bisa sambil memperhatikan: 

  • Mimik Wajah dan Gestur Tubuh: Tentunya hal ini akan membantuk dalam memahami emosi dan reaksi pada karakter tersebut. 
  • Latar Belakang (Lore): Pada detail latar belakang (lore) ini bisa memberikan informasi tambahan tentang setting atau cerita tersebut. 
  • Coloring: Warna dalam komik tentunya akan mempengaruhi isi cerita, suasana hingga menambah unsur menarik dari komik. 

Membaca Secara Digital

Lalu, bagaimana jika kamu senang membaca komik digital? Tentu saja kamu masih bisa menikmatinya! Tapi lebih baik jika kamu memanfaatkan kedua fitur-fitur ini supaya lebih nyaman membaca komik digital yaitu: 

  • Zoom In/Out: Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk melihat detail cerita lebih dekat atau jauh supaya lebih memahami isi ceritanya. 
  • Mode Panel Tunggal: Sebenarnya mode ini tak ada di setiap aplikasi komik, akan tetapi disarankan kamu menggunakan mode ini untuk bisa fokus pada satu panel dan bisa membaca lebih nyaman.

Menikmati Cerita

Saat membaca komik, disarankan juga kamu sedang memiliki waktu santa, pikiran yang jernih dan suasana yang tak bising untuk bisa fokus menyerap cerita dari komik tersebut. 

Baca juga: Inilah Cara Membuat Komik, Simak Rahasia Jitu-nya!


Nah, itulah informasi tentang cara membaca komik untuk membantumu memahami alur ceritanya. Gimana, sekarang sudah paham kan bagaimana cara membaca komik yang benar? 

Buat kamu yang pengen baca komik, tenang aja mimin punya rekomendasi Komik Lokal karya Anak Bangsa yang bergaya Manga Jepang. Langsung aja beli Buku Komik - Volter Stein yang tersedia di Tokopedia "ANINDOSTA OFFICIAL STORE"!