Cara Menggambar Komik Manual dan Digital, Intip Dulu Kreator Pemula!


cara menggambar komik
Ilustrasi by Ghefira Tsamara Shofwa

Pernahkah kamu bermimpi untuk membuat komik sendiri? bagi kamu berusia 10 tahun-an yang baru menggambar atau 20 tahun-an yang ingin mengembangkan skill digital, sebenarnya di dunia komik sendiri akan memberikan pengalaman dalam mengekspresikan kreativitasmu. Maka dari itu, kamu pasti masih bingung bagaimana cara menggambar komik secara manual dan digital. 

Menggambar komik secara manual akan memberikan nuansa klasik serta sentuhan pribadi yang sangat unik. Kamu akan bisa merasakan setiap goresan pensil di atas kerta dan melihat sendiri bagaimana ide-ide tersebut berubah menjadi sebuah gambar.

Disisi lain juga, dengan menggambar komik digital akan memberikan fleksibilitas serta kemudahan dalam menggunakan tools yang bisa membuat proses lebih cepat dan efisien. Menggunakan device serta software desain, kamu bisa menciptakan komik yang berwrna dan sangat detail.

Akan tetapi, menggambar secara manual ataupun digital, pasti memiliki tantangannya masing-masing. Mulai dari menentukan ide cerita, membuat karakter menarik hingga mengatur alur cerita yang menarik.

Secara umum, menggambar komik merupakan sebuah seni yang memadukan cerita dan gambar, untuk menciptakan dunia yang sangat menarik. Bagi kamu yang ingin tahu tentang cara menggambar komik manual dan digital, tenang saja karena pada artikel kali ini akan membahasnya secara detail supaya komikmu semakin memukau.

Baca juga: Inilah Cara Membuat Komik, Simak Rahasia Jitu-nya!

Persiapan 

Sebelum kamu menggambar komik, tentunya ada dua hal yang harus kamu persiapkan yaitu sebagai berikut:

Ide & Konsep

Sebagai langkah pertama dalam membuat komik yaitu menemukan ide cerita. Pikirkan dulu tema yang akan diangkat seperti misalnya petualangan, fantasy ataupun slice of life. Setelahnya, buatlah outline cerita untuk memastikan alurnya jelas dan menarik.

Desain Karakter

Selanjutnya adalah menentukan karakter yang akan muncul di cerita tersebut, karena pada dasarnya karakter ini sangat berperan sekali dalam cerita. Hal yang perlu dilakukan, buatlah sketsa karakter dengan fisiknya, sifatnya hingga ciri khas dari karakternya supaya mudah dikenali oleh pembaca.

Menggambar Komik Manual

Adapun hal yang bisa kamu persiapkan sebelum menggambar sebuah komik manual yaitu sebagai berikut:

Alat dan Bahan

  • Kertas Gambar
  • Pensil 
  • Penghapus
  • Pena atau Spidol
  • Penggaris

Membuat Sketsa

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan untuk menggambar komik, maka selanjutnya kamu harus mulai membuat sketsa kasar menggunakan pensil saja. 

Tentukan juga posisi dan gerakan karakter pada setiap panel yang nantinya akan menjadi acuan untuk menggambar detail selanjutnya.

Memberikan Detail dengan Tinta

Setelah membuat sketsa, lalu gunakan tinta ataupun spidol untuk menambahkan detail dan menegaskan garis-garis gambar. 

Perlu diperhatikan bahwa kamu perlu menggambarnya secara hati-hati supaya hasilnya maksimal, rapi dan jelas.

Coloring (Pewarnaan)

Apabila kamu ingin memberikan warna pada komikmu, kamu bisa menggunakan cat air, spidol warna ataupun pensil warna. 

Pewarnaan secara manual akan memberikan nuansa unik pada komik dan pastikan juga warna yang digunakan sesuai dengan tema cerita. 

Menggambar Komik Digital

Adapun hal yang bisa kamu persiapkan sebelum menggambar sebuah komik digital yaitu sebagai berikut:

Alat dan Software

  • Device
  • Software Desain (Adobe Photoshop, Clip Studio Paint dan Procreate)

Membuat Sketsa Digital

Mulailah membuat sketsa kasar pada software desain yang telah kamu pilih. Gunakan juga lapisan (layers) untuk memisahkan elemen-elemen gambar supaya mudah diedit.

Detail dan Inking

Apabila sketsa telah selesai dikerjakan, buatlah lapisan baru untuk menggambar detail dengan kuas digital. 

Saat ini sudah banyak software yang menyediakan berbagai macam kuas yang bisa disesuaikan dengan gaya menggambarmu.

Coloring (Pewarnaan) Digital

Adapun pewarnaan secara digital yang lebih fleksibel dan memungkinkanmu untuk bereksperimen dengan berbagai palet warna. 

Gunakan juga lapisan terpisah untuk setiap warna dan efek bayangan untuk memberikan dimensi pada gambar. 

Publikasi dan Promosi

Berikut ini merupakan langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempublikasikan dan mempromosikan komikmu setelah selesai di gambar. 

Platform Publikasi

Apabila komikmu telah selesai, lalu publikasikan di platform online seperti misalnya Webtoon, Tapas atau di media sosial lainnya sehingga bisa menjangkau audience lebih banyak.

Promosi di Media Sosial

Manfaatkan juga media sosial yang kamu miliki untuk mempromosikan komikmu. Posting secara rutin dan interaksi dengan orang-orang yang berkomentar sehingga nantinya akan meningkatkan visibilitas komikmu.

Collab dan Join Komunitas

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas kreator komik untuk mendapatkan feedback tentang komik yang telah kamu buat dan bisa juga berkolaborasi dengan kreator lain untuk mendapatkan kesempatan lain.

Nah, itulah cara menggambar komik secara manual dan digital. Gimana nih, sudah tertarik untuk menggambar sebuah komik?
Buat kamu yang pengen baca komik, tenang aja mimin punya rekomendasi Komik Lokal karya Anak Bangsa yang bergaya Manga Jepang. Langsung aja beli Buku Komik - Volter Stein yang tersedia di Tokopedia "ANINDOSTA OFFICIAL STORE".