Tips Mengatasi Kendala Membuat Komik Digital yang Sering Dihadapi Komikus!

kendala membuat komik
Ilustrasi by Priza D. Fawazzia

Membuat komik digital merupakan sebuah petualangan kreatif yang dipenuhi dengan tantangan. Banyak komikus (pembuat komik), dari pemula hingga professional telah menghadapi berbagai tantangan dan kendala yang tak terlepas dari proses membuat komik ini. 

Mulai dari mengembangkan alur cerita, menggambar dengan konsisten, mengatur manage waktu, hingga mempublikasikannya dan pastinya memiliki tantangan yang bisa dijadikan evaluasi untuk semakin berkembang.

Pada saat membuat komik, kamu juga mungkin pernah mengalami writer's block, kesulitan menciptakan karakter untuk komikmu atau mungkin kesulitan juga mengatur panel halaman. Hal tersebut merupakan permasalahan yang sering terjadi oleh para komikus. Langsung saja kita simak dibawah ini! 

Tips Mengatasi Kendala Membuat Komik Digital

Berikut ini merupakan kendala-kendala yang sering dihadapi oleh para komikus serta solusi untuk mengatasi masalah dalam membuat komik digital yaitu:  

Mengatasi Writer Block

Pada saat membuat cerita, terkadang kita kehabisan ide karena tak bisa memikirkan cerita tersebut. Berikut ini merupakan tips untuk mengatasi writer block yaitu: 
  • Brainstorming: Kamu bisa meluangkan waktu untuk menulis seluru ide-ide yang terlintas di kepala tanpa harus menyaringnya terlebih dahulu. Nah, ide-ide tersebut bisa menjadi bahan cerita yang menarik nantinya.
  • Mencari Inspirasi: Kamu bisa menemukan inspirasi dengan membaca komik, menonton film, mendengarkan musik atau bahkan ketika berada di suatu tempat untuk mendapatkan inspirasi untuk membuat komik.
  • Istirahat Sejenak: Terkadang jika kita istirahat sejenak untuk menyegarkan pikiran, secara tak sengaja kita akan mendapatkan solusi atau ide baru.

Mengembangkan Karakter

Terkadang ketika kita sedang malas membuat ilustrasi, kita jadi sulit untuk mengembangkan karakter komik. Berikut ini merupakan tips untuk mengembangkan karakter yaitu:
  • Membuat Profil Karakter: Pertama-tama, kamu harus menuliskan dulu terkait latar belakang, sifat dan tujuan hidup karaktermu yang bisa membantumu untuk membuat karakter lebih hidup.
  • Adaptasi dari Real-Life: Pada saat membuat karakter, kamu juga bisa mencontoh sifat dari orang-orang disekitarmu atau bahkan pengalaman pribadimu untuk membuat karakter yang lebih realistis.
  • Visual yang Unik: Setiap karakter memiliki ciri khas dan karakteristiknya masing-masing seperti gaya rambut dan outfit-nya.


Mengatur Alur Cerita

Mungkin kamu juga sering merasa kesulitan dalam mengatur alur cerita, baik menentukan cerita awal, tengah dan akhir cerita. Nah, ini adalah tips untuk mengatasi masalah satu ini yaitu: 
  • Outline Cerita: Buatlah kerangka cerita dari awal hingga kahir cerita sebelum menggambar, tentunya hal ini juga akan membantu menjaga konsistensi alur cerita dan penggambaran ilustrasi. 
  • Pembagian Bab: Pisahkan cerita yang bisa dimasukkan kedalam beberapa bab untuk memudahkan pembaca dalam memahami alur cerita.

Konsisten Menggambar

Terkadang apabila kita sedang malas mengerjakan sesuatu dan hal ini akan menjadi kebiasaan jika kita selalu menunda pekerjaan, terutama menggambar sehingga nantinya akan berpengaruh pada hasil gambar kita. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu: 
  • Latihan: Kamu bisa melatih menggambarmu dengan cara latihan secara rutin, kamu bisa melakukannya setiap hari supaya gambarmu semakin bagus.
  • Referensi Visual: Kamu juga bisa menggunakan referensi dari foto atau model orang lain untuk mendapatkan pose yang bagus untuk gambarmu. 


Manage Waktu dan Hindari Rasa Malas

Mungkin beberapa dari kamu juga memiliki jadwal yang sibuk karena sekolah, kuliah atau bahkan sedang bekerja. 

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba membuat komik digital, penting sekali untuk menghindari rasa malas dan mengatur waktumu untuk bisa membuat komik dengan cara tips berikut ini: 
  • Jadwal Rutin: Penting sekali untuk membuat jadwal rutin untuk menggambar dan mulai menulis rangkaian cerita komikmu. Kamu juga harus disiplin dalam mengerjakannya dari jadwal yang telah ditentukan.
  • Buatlah Target: Kamu juga bisa menentukan target setiap harinya supaya lebih mudah dicapai dan tentunya hal ini akan memberikanmu motivasi untuk berkembang lebih baik lagi dalam membuat komik.
  • Jangan Mudah Ter-distraksi: Jika sedang melakukan pekerjaan, pastinya kamu harus fokus dalam mengerjakannya dan pilihlah tempat yang terbebas dari segala gangguan untuk membantu meningkatkan produktivitasmu. 


Pahami Tools

Bagi kamu yang pemula, mungkin kamu juga masih kurang memahami dan kurang mahir dalam menggunakan tools-tools ilustrasi, untuk mengatasi hal ini ada tips yang bisa kamu ikuti yaitu: 
  • Pahami dan Pelajari Tools: Luangkan waktu untuk terus mempelajari tools yang kamu gunakan dalam membuat komik secara otodidak (mandiri) seperti Clip Studio, Photoshop dan Procreate. 
  • Melihat Tutorial: Kamu bisa belajar dari video-video tutorial yang ada di Youtube dan bisa kamu ikuti step by step-nya. 
  • Networking dengan Komunitas: Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki minat serupa atau pengguna tools tersebut untuk mendapatkan ilmu baru, tips serta solusi dari mereka. 

Mempublikasikan Komik

Nah, setelah semua draft-mu selesai, kamu bisa mempublikasikan komik. Tapi kamu masih bingung bagaimana cara mempublikasikan komik-mu supaya banyak dibaca oleh orang banyak, nah berikut ini adalah tips-nya yaitu: 
  • Media Sosial: Kamu bisa memanfaatkan media sosialmu untuk mempromosikan komikmu dengan cara membagikan disana. Kamu juga bisa membuat akun khusus untuk memposting komik-mu secara rutin. 
  • Platform Komik Digital: Kamu juga bisa menggunakan platform komik digital seperti LINE Webtoon, Tapas, MangaToon, MangaPlus dan lain-lain untuk bisa dibaca oleh semua orang.
  • Networking: Kamu juga bisa menjalin hubungan dengan kreator atau komikus dan kamu juga bisa mengikuti pameran untuk mempromosikan komik-mu.

Baca juga: Cara Mudah untuk Membuat Komik Digital untuk Pemula! 

Nah, dengan meneraptkan tips-tips diatas, kamu akan lebih siap dalam mengatasi kendala ketika proses pembuatan komik digital. Gimana nih, sudah semakin terpacu untuk membuat komik digital? 

Buat kamu yang pengen baca komik, tenang aja mimin punya rekomendasi Komik Lokal karya Anak Bangsa yang bergaya Manga Jepang. Langsung aja beli Buku Komik - Volter Stein yang tersedia di Tokopedia "ANINDOSTA OFFICIAL STORE".