Cara Baca Manga dari Kiri atau Kanan, ya? Cari Tahu di sini!

Baca Manga dari Kiri atau Kanan
Ilustrasi by Ghefira Tsamara Shofwa

Seperti yang kita tahu bahwa manga merupakan sebuah bahan bacaan yang sangat seru, baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu juga, jika kamu mumet membaca buku tentang pelajaran, manga bisa menjadi salah satu opsinya. 

Manga pun memiliki cerita yang sangat seru untuk diikuti dan dilengkapi dengan gambar yang sangat menarik banget, sehingga saat ini bacaan ini selalu diminati oleh pembaca. 

Pembaca manga sebenarnya dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Melansir dari Wikipedia, manga adalah komik atau novel grafik yang dibuat di Jepang dengan menggunakan bahasa Jepang, sesuai gaya yang berkembang pada abad ke-19. 

Istilah manga di Jepang merupakan kata yang digunakan untuk merujuk kepada komik dan kartun. Apabila di luar Jepang sendiri, kata 'Manga' merujuk pada komik asli Jepang. 

Serupa seperti film, manga terbagi kedalam beberapa genre dan sub-genre yang temanya seperti action, thriller, dan masih banyak lagi serta menggunakan format penulisan dari kanan ke kiri yang disebut dengan Tategaki.

Mungkin bagi kamu yang baru pertama kali membaca manga, akan tersadar bahwa baca manga dari kanan ke kiri, bukan sebaliknya. Sebenarnya, untuk hal ini ada alasannya, lho! Kira-kira apa sih alasannya? Simak artikel ini hingga selesai, ya! 

Baca juga: Tips Cara Membaca Komik untuk Pemula, Gak Bingung Lagi!

Alasan Baca Manga dari Kiri atau Kanan

Mengutip salah satu komentar dari Quora yang bernama Geoff Green, mengatakan bahwa alasan manga dibaca dari kanan ke kiri karena tulisan Jepang (Kanji) yang ditulis dari kanan ke kiri. 

Hal ini merupakan cara yang umum untuk pembaca Jepang dan Mangaka (seorang kreator manga) membuat panel-panelnya, halamannya hingga akhir cerita manga yang dimulai dari kanan ke kiri. 

Tentunya, terkait hal ini apabila diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris akan terjadinya perubahan, dimana manga ini dibuat menggunakan software yang bisa dibaca dari kiri ke kanan. 

Perlu diketahui bahwa, hal ini akan terdapat perubahan lainnya yang terjadi seperti didalam gambar, dimana karakter pada gambar tersebut akan menjadi kidal sehingga harus dipindahkan dari halaman satu ke halaman lainnya.

Tak jarang hal ini akan menjadi konflik antara penerbit dengan mangaka, apabila mereka akan menciptakan manga tersebut dari kiri ke kanan.

Sebagai contohnya, manga "Blade of the Immortal" karya Hiroaki Samura versi Bahasa Inggris dan diterbitkan oleh Dark Horse Comics, didalam komiknya terdapat adegan karakter/pendekar yang tak bisa digambar ulang secara kidal, sehingga harus membuat panel yang tak bisa diedit kembali dan menyebabkan penundaan jadwal penerbitan.

Sebenarnya, saat ini banyak juga penerbit yang menerbitkan manga dari kanan ke kiri sebagai salah satu bentuk mempertahankan budaya Jepang asli. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Komik Digital untuk Pemula!

Tips Membaca Manga untuk Pemula

Untuk bisa menikmati manga, disarankan untuk baca manga dari kanan ke kiri, bukan dari kiri ke kanan, ya dan mulailah baca dari bagian atas halaman hingga ke bagian bawah manga. Berikut ini merupakan tips baca manga untuk pemula: 

Baca dari Kanan ke Kiri

Salah satu langkah awal yang harus dilakukan oleh para pembaca adalah, baca manga dari kanan ke kiri dikarenakan teksnya ditulis dari kanan ke kiri, lalu ke atas hingga ke bawah. 

Bagi pemula, mungkin hal ini akan terasa aneh. Namun jika kamu sering membacanya, maka akan terbiasa jika membacanya dengan format seperti ini.

Perhatikan Dialognya

Dialog didalam manga ini biasanya disusun dalam bubble-bubble teks, dimana mengharuskanmu untuk membacanya dari atas ke bawah.

Adapun karakter-karakter yang berbicara akan menggunakan bubble tersebut serta memiliki ekspresi wajah unik sehingga pesan cerita bisa tersampaikan kepada pembacanya.

Menggunakan Simbol dan Tanda Baca

Biasanya didalam manga akan menggunakan panah dan tanda baca khusus yang bisa memandu pembacanya untuk memahami keseluruhan cerita. 

Untuk panah sendiri, ditujukkan untuk arah pergerakan ataupun suara yang terjadi diluar panel. Sedangkan, tanda baca seperti tanda seru (!) atau tanda tanya (?) akan mengungkapkan emosi dari karakter disana yang disesuaikan dengan konteksnya.

Perhatikan Detail Gambarnya

Jika membaca manga ataupun komik, tentunya harus memperhatikan detail gambar, karakter, latar belakang serta objek-objek yang terdapat didalam manga atau komik tersebut yang bisa disebut sebagai clue cerita. 

Baca dengan Santai

Seperti membaca buku pada umumnya, dimana jangan terburu-buru untuk membacanya. Pahami setiap panel dan bubble teksnya supaya bisa memahami ceritanya. 

Apabila kamu masih kurang memahami ceritanya, kamu bisa membacanya ulang dari panel atau halaman sebelumnya. 


Nah, itulah cara baca manga dari yang benar untuk pemula. Jadi, sudahkah kamu mempraktikkannya sejauh ini? 

Buat kamu yang pengen baca komik, tenang aja mimin punya rekomendasi Komik Lokal karya Anak Bangsa yang bergaya Manga Jepang. Langsung aja beli Buku Komik - Volter Stein yang tersedia di Tokopedia "ANINDOSTA OFFICIAL STORE".